oleh

Atasi Banjir Di Kelurahan Binjai, Bobby Nasution :  Dinas PU Segera Perbaiki Drainase, Kasihan Masyarakat

klikmedan.id || MEDAN.
Keluhan warga Jalan Pelajar Gg Mestika dan  Gg  Purnama, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai terkait banjir langsung disikapi Wali Kota Medan Bobby Nasution. Saat melaksanakan program Sapa Lingkungan (Saling) di kawasan itu langsung mendatangi kedua gang untuk mengindentifikasi apa yang menjadi penyebab terjadinya banjir sekaligus solusi mengatasinya.

Didampingi puluhan warga yang mayoritas kaum ibu, Bobby Nasution langsung berjalan menyusuri Gg Mestika dan Gg Purnama, Sabtu (12/3) siang. Diungkapkan warga, setiap kali hujan deras, kawasan mereka selalu digenangi air. “Ketinggian air sampai sepinggang orang dewasa, semua peralatan rumah tangga kami terendam air. Tolonglah atasi banjir ini,” ungkap Suratmi salah seorang warga memelas.

Dari hasil tinjauan yang dilakukan Bobby Nasution, terungkap pemicu terjadinya banjir di kedua gang tersebut akibat penyumbatan drainase. Bahkan, drainase yang ada sudah tertutup tanah sehingga tidak berfungsi untuk mengalirkan air. Kondisi diperparah lagi karena kedua gang tersebut merupakan kawasan cekungan.

Untuk menyikapinya, Bobby Nasution menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan segera mengatasi persoalan banjir tersebut. “Segera lakukan penanganan, Pak. Kasihan masyarakat. Identifikasi masalah agar upaya penanganannya tepat sasaran. Dibuatkan saja drainase baru,” kata Bobby Nasution kepada Ka UPT IV Dinas PU Wilayah Medan Kota Dhani Wardhana.

Agar pengerjaan drainase berjalan lancar dan mampu menampung debit air hujan, Bobby Nasution pun melihat peta wilayah. Setelah itu, memberikan arahan kepada Ka UPT agar pengerjaan drainase yang dilakukan nanti harus sesuai dengan kondisi wilayah tersebut. “Saya minta pengerjaan drainase itu cepat dilakukan,” tegasnya.

Ka UPT IV Dinas PU Wilayah Medan Kota Dhani Wardhana berjanji segera menindaklanjuti instruksi Bobby Nasution. “Semua arahan Pak Wali akan kita sampaikan kepada Kadis PU,” jelasnya seraya menambahkan sebagai langkah awal akan membuat perencanaan dan kemudian diikuti dengan pembuatan drainase baru,” pembuangan air dari drainase ini nantinya akan diteruskan langsung ke parit sulang saling di Jalan Anugerah Mataram,” imbuhnya.

Kehadiran Bobby Nasution sangat diapresiasi warga sekitar. Mereka berharap kehadirannya dapat mengatasi persoalan banjir yang kerap dialami setiap hujan deras turun. Bobby Nasution pun berjanji akan segera mengatasinya melalui OPD terkait. “Saya sudah berkeliling dan melihat langsung bersama OPD terkait. Kita akan mencari solusinya, mudah-mudahan masalah banjir di wilayah ini bisa diatasi,” terangnya.(Sr)

Komentar