oleh

Fenomena Sosial Si Daun Keladi

(klikmedan.id). – Dampak virus corona (COVID -19) sangat merugikan seluruh aspek kehidupan masyarakat. Tidak hanya pada kesehatan, akan tetapi turut mempengaruhi perekonomian negara-negara di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Banyak masyarakat yang mengalami kerugian bahkan kehilangan pekerjaan.
Akan tetapi, gara-gara adanya pandemi COVID-19 banyak tanaman yang dulunya tidak terkenal menjadi viral dan menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat. Salah satu tanaman yang cukup terkenal adalah si daun keladi. Si daun keladi yang sebelumnya di pandang hanya sebatas tanaman untuk dikonsumsi atau tanaman yang dilupakan kini berubah menjadi kesayangan bagi sebagian besar masyarakat. Banyak masyarakat yang seakan rela melakukan hal apapun demi mendapatkannya. Ada yang rela masuk ke hutan, menyusuri pinggiran jalan dan menyusuri pinggiran sungai.

Tanaman hias keladi dikenal dengan nama latin Caladium. Masuk ke dalam kelompok suku talas atau araceae. Tanaman tropis ini berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Adapun ciri dari keladi, yaitu bentuk daun lebar memanjang ke depan membentuk hati, daun tipis, corak warna yang mencolok seperti hijau, putih, pink, dan merah, berumbi, dan tidak memiliki batang namun memiliki tangkai daun yang panjang. Ada pula yang menyebut tanaman ini berbentuk sayap malaikat dan kuping gajah. Karena jika dilihat dengan cermat memang bentuk daunnya cukup unik.

Tanaman keladi yang berada di pasaran merupakan hasil penyilangan (hibrida). Dengan Teknik ini, banyak melahirkan varietas-varietas keladi yang memesona. Tak heran banyak sekali jenis tanaman keladi yang unik dan memukau menarik perhatian para pecinta tanaman untuk mulai meliriknya. Untuk harganya bervariasi mulai Rp 20.000, Rp 400.000 bahkan sampai jutaan rupiah.
Akan tetapi, di balik eksotisnya tanaman keladi pun tak luput dari berbagai penyakit yang harus diwaspadai. Meskipun tahan dengan beberapa kondisi, namun ada hal-hal yang harus di perhatikan. Cara penanganan yang tidak tepat bisa menjadi penyebabnya. Berikut penyakit yang sering muncul di tanaman keladi adalah pertama, hama tanaman seperti ulat dan kutu yang menggigit daun dan getah selnya, kedua jamur yang merusak daun dan bakteri daun seperti jamur. Karena itu, penanganan yang tepat dan perawatan yang baik akan membuat si daun keladi tumbuh dengan sempurna.

(Penulis: MELANI PUTRI)

Komentar

News Feed