Sosialisasi Meningkatkan Omset Penjualan Produk UMKM Lewat Media Sosial

MEDAN ||  UMKM akan sulit berkembang jika tidak mengetahui cara memasarkan suatu produk. Salah satu hal penting yang diaplikasi kan melalui strategi pemasaran adalah strategi promosi. Kesuksesan suatu UMKM adalah ketika bisa menciptakan produk yang berkualitas serta memasarkan dengan baik.

Hal tersebut dikatakan oleh Lurah Teladan Barat Juni Hardian S.Sos saat membuka kegiatan Sosialisasi Meningkatkan Omset Penjualan Produk UMKM Lewat Media Sosial. Di Aula Kantor Kelurahan Teladan Barat. Rabu ( 18/01).

Dengan memanfaatkan alokasi dana Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM), kegiatan yang dimentori oleh Sugianto ST MKom. ini menjelaskan materi tentang strategi pemasaran melalui media sosial yang didukung oleh kekuatan internet, sangat berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat dan murah, dengan berbagai sarana beragam seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Shopee, Lazada yang sifatnya global, real time dan praktis membuat kegiatan promosi usaha akan lebih maksimal karena jangkauan yang luas dan hampir tak terbatas.

“Manfaat lain bagi Masyarakat adalah dengan melakukan pemasaran secara online, maka akan dapat menghemat anggaran. Terlebih lagi jika berkaitan dengan komersil maupun bisnis, dimana teknologi modern dan internet sangat membantu menunjang masyarakat dalam mengembangkan usahanya menjadi lebih besar”, ucapnya

Telihat warga Kelurahan Teladan Barat sangat antusias mengikuti kegiatan ini, salah satunya dengan banyaknya peserta yang bertanya, salah satu peserta yang diwakili oleh ibu Atika Dewi yang menanyakan bagaimana caranya memasarkan produk dipasaran online mengingat banyak sekali pesaing dengan harga yang sangat bersaing.

Sugianto menjelaskan bahwa salah satunya dengan membuat iklan yang lebih menarik, salah satunya dengan mensugesti bahwa salah satu produk yang di tawarkan aman, murah, mudah dalam pemesanan, ready stok juga dapat bersaing dengan para pesaingnya, bahkan jika dirasa perlu testimoni berupa hasil chat dengan pemesan dengan kepuasan produk yang telah dipesannya, dan jangan lupa adakan promo semisal promo potongan harga, ongkir gratis, dan berikan jaminan jika barang yang diterima tidak sesuai, retur barang sampai 2 minggu setelah barang yang diterima oleh pelanggan.

Ditempat terpisah, Camat Medan Kota, Raja Ian Andos Lubis, S.STP, M.AP mendukung penuh kegiatan ini, menurut Camat kegiatan ini merupakan upaya dalam mendukung dan mensukseskan Program Prioritas Wali Kota Medan Boby Nasution, tentang UMKM, juga untuk meningkatkan keterampilan serta mengembangkan kompetensi kerja, guna meningkatkan kemampuan produktifitas dan kesejahteraan keluarga.

“Saya berharap agar melalui sosialisasi ini, para pelaku usaha dapat memahami dan mengetahui strategi penjualan dan pemasaran untuk meningkatkan promosi dan omset penjualan, sehingga dapat bermanfaat dalam jangka panjang keberlangsungan usahanya”. tandasnya.-(Sr)

Komentar