oleh

Wujud Nyata Kepedulian Bobby Nasution Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan

-Ekonomi-94 views

Sederet Perhatian Yang Diberikan Pemko Medan Kepada UMKM Hasil Olahan Laut

klikmedan.id || MEDAN
Peningkatan ekonomi bagi para pelaku UMKM di kota Medan menjadi salah satu fokus utama dari Wali Kota Medan Bobby Nasution. Bobby Nasution ingin agar UMKM di kota Medan dapat naik kelas sehingga kesejahteraan para pelaku UMKM ini semakin meningkat.

Setelah sebelumnya Bobby Nasution memberikan perhatian penuh kepada pelaku UMKM konveksi dan sepatu yang ada di Kecamatan Medan Denai. Kini Bobby Nasution kembali memberikan perhatiannya kepada pelaku UMKM hasil olahan laut yang ada di Kecamatan Medan Belawan.

Bahkan Bobby Nasution baru-baru ini juga telah memberikan bantuan peralatan senilai Rp.125 juta kepada pelaku UMKM klaster olahan hasil laut dan bantuan pendidikan kepada anak nelayan.
“Bantuan ini merupakan komitmen dari Pemko Medan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para nelayan.” kata Bobby Nasution beberapa waktu yang lalu.

Pemko Medan melalui Dinas Koperasi, dan UKM Kota Medan juga telah memberikan pembinaan kepada para pelaku UMKM hasil olahan laut tersebut. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan Benny Iskandar Nasution saat ditemui menjelaskan bahwa pembinaan berupa pelatihan secara rutin telah diberikan kepada para UMKM olahan hasil laut melalui koperasi yang telah terbentuk. Salah satu pelatihan yang diberikan ialah bagaimana mendorong UMKM hasil olahan laut ini dapat berjualan secara online sehingga hasil produk yang dihasilkan dapat dijangkau oleh masyarakat yang lebih luas.

“Banyak sudah pelatihan yang kita berikan kepada pelaku UMKM ini salah satunya kita mendorong agar mereka dapat merubah model penjualan dari sebelumnya offline menjadi online, lalu kita ajarin juga bagaimana packaging yang baik agar produknya berkualitas dan menarik minat masyarakat untuk membelinya.” kata Benny Iskandar Nasution.

Selain memberikan pelatihan, Dinas Koperasi dan UKM kota Medan juga memberikan bantuan sejumlah peralatan berupa mesin pengering ikan, mesin pemisah duri ikan dan gerobak.
“Jadi kita berikan bantuan peralatan juga kepada mereka agar dapat meningkatkan hasil produksinya.”sebut Benny Iskandar Nasution.

Sementara itu adapun ragam jenis UMKM hasil olahan laut yang telah dibina oleh Dinas Koperasi dan UKM menurut sektornya yang ada di Kecamatan Medan Belawan mencakup budidaya ikan, pengolahan ikan dan perdagangan hasil laut.(Sr)

Komentar