oleh

Memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke -39 tingkat Kota Medan, Wakil Wali Kota Medan Ingin Agar Kota Medan Berdaulat di Bidang Pangan

-Peristiwa-428 views

klikmedan.id-Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-39 tingkat Kota Medan, Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S.M.Si.,M.H yang dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir.H. Akhyar Nasution,M.Si menginginkan agar Kota Medan dapat berdaulat di bidang pangan.

“Dengan teknologi pertanian dan pangan, kita menginginkan agar kita berdaulat di bidang pangan, berdaulat di bidang pangan artinya kita yang menguasai, memperoduksi dan mengkonsumsi pangan itu sendiri.”kata Wakil Wali Kota Medan saat menghadiri peringatan HPS ke-39 di Lap. Pertiwi, jalan Budi Pembangunan, Kamis (5/9).

Peringatan HPS ke-39 yang mengangkat tema “teknologi industri pertanian dan pangan menuju Indonesia lumbung pangan dunia 2045” juga di isi dengan berbagai kegiatan salah satunya ialah Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Wakil Wali Kota Medan dalam sambutanya mengatakan Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling esensial. Untuk itu ketersediaan pangan bagi masyarakat luas harus terjamin. Namun untuk mencapai ketahanan pangan yang kuat dibutuhkan tekad, kesungguhan, kerja keras, pendekatan sistematis dan koordinasi dari semua pihak, baik jajaran pemerintah daerah, dunia usaha sekaligus stakeholder di bidang pangan.

Kemudian menurut Wakil Wali Kota lagi, sektor pertanian pangan didominasi oleh kegiatan pertanian rakyat yang ciri khas sektor pertanian pangan itu harus menjadi pertimbangan dalam kebijakan di bidang pangan. Kuncinya harus lebih banyak menerapkan hasil riset dan informasi teknologi pertanian pangan kepada seluruh petani.

“Hasil riset tersebut diharapkan mampu menjawab perubahan iklim yang terjadi saat ini, untuk itulah Pemko Medan akan terus mendorong program pembinaan yang dilakukan. Hal ini diperlukan dalam rangka pembangunan ketahanan pangan kita yang semakin kuat. Kita menyadari dengan terpenuhinya kebutuhan pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutu gizinya sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan oleh karena itu saya mengharapkan peringatan HPN ke-39 ini dapat dijadikan sebuah momentum untuk membangkitkan ketahanan pangan nasional” kata Wakil Wali Kota Medan.

Selain itu Wakil Wali Kota Medan juga mengharapkan kepada seluruh stakeholder yang berperan di bidang ketahanan pangan agar dapat lebih inovatif dan kreatif, sehingga melahirkan terobosan dan gagasan baru guna menguatkan penganekaragaman konsumsi pangan.

“Saya harap kita semua dapat memperkuat kerjasama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan nasional, selain itu saya juga menginginkan agar seluruh rangkaian acara peringatan HPS ini dapat memberikan pengalaman dan edukasi yang luas bagi semua masyarakat sehingga masyarakat memproleh informasi seputar ketahanan pangan guna memperkuat ketahanan pangan perkotaan.”harap Wakil Wali Kota Medan.

Sebelumnya Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Ir. Emilia Lubis dalam laporanya menjelaskan tujuan diselenggarakan Hari Pangan Sedunia (HPS) ini ialah guna mendorong penerapan konsumsi pangan B2SA dengan memanfaatkan olahan pangan lokal, selain itu juga mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersil sehingga diharapkan dapat meningkatkan teknologi industri pertanian dan pangan untuk menjadikan negara Indonesia menjadi lumbung pangan dunia tahun 2024.

Dalam kesempatan ini Wakil Wali kota Medan juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang serangkaian perlombaan yang digelar dalam rangka peringatan HPS Ke-39 seperti lomba cerdas cermat B2SA bagi anak SD Kota Medan, dan lomba makanan Kudapan yang berbasis Non Beras dan Non Terigu.

Tidak hanya itu saja, Wakil Wali Kota Medan juga menyerahkan bantuan sarana dan prasarana berupa alat penunjang usaha bidang pangan kepada UKM binaan Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, penyerahan bantuan kelompok afinitas pada kegiatan pengembangan mandiri pangan, penyerahan bantuan kepada lansia pada kegiatan penanganan rumah tangga rawan pangan dan bantuan peralatan pengembangan kebun sekolah sebagai pengenalan diversifikasi pangan bagi sekolah dasar.

Seluruh bantuan ini diserahkan Wakil Wali Kota medan secara simbolis. Selanjutnya Wakil Wali Kota Medan meninjau masing-masing stand yang ikut memeriahkan peringatan HPS ini.

Komentar

News Feed