oleh

Pemko Medan Akan Dirikan Taman Literasi di Setiap Kelurahan

Medan (klikmedan.id)
Wali Kota Medan  Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Medan H. Aulia Rachman, menerima kedatangan pengurus dan anggota Perkumpulan Pendidik Penulis Sumatra Utara (PPPSU), Rabu (30/6) di Ruang Rapat I kantor wali kota. Dalam pertemuan tersebut, Aulia menyampaikan Pemko Medan berkomitmen untuk memajukan literasi. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah membuat Taman Literasi di setiap kelurahan.

“Untuk itu diperlukan kolaborasi antara penulis, dinas pendidikan, dan dinas perpustakaan dan kearsipan,” ucap Aulia dalam pertemuan yang diikuti antara lain oleh Ketua PPPSU  Wiwik Puspitasari, Kadis Pendidikan Adlan, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Maya Fitriani  dan segenap pengurus serta anggota PPPSU.

Wakil Wali Kota mengungkapkan, langkah awal yang dapat harus dilalui saat ini adalah bagaimana agar karya para penulis bisa masuk di E-Pusda Kota Medan. Selain itu juga buku-buku para penulis ini juga diharapkan dapat dimasukkan ke E-Katalog Kota Medan.


Aulia mengatakan, kebutuhan saat ini adalah buku-buku bermuatan lokal. Karena itu, dia mengharapkan agar para pendidik yang juga penulis ini menulis buku yang berisikan muatan lokal. Menurutnya, buku-buku bermuatan lokal ini dapat dipergunakan di sekolah-sekolah.

Sebelumnya, Ketua PPPSU Wiwik Puspitasari, mengungkapkan rasa terima kasih karena dapat berdialog dengan Wakil Wali Kota. Dalam kesempatan itu, Wiwik juga mengatakan, PPPSU siap berkolaborasi dengan Pemko Medan untuk memajukan dunia literasi di Kota Medan.

Wiwik melalui Sekretaris Umum PPPSU  M.Rusli Harahap  juga menyampaikan berbagai usulan, di antaranya agar Pemko Medan merangkul pegiat literasi di Kota Medan untuk berkolaborasi dan bergerak seirama juga menyediakan Perda Perpustakaan dan Perbukuan, memberikan apresiasi kepada para penulis, serta mengadakan Pelatihan menulis buku bagi Kepala Dinas/SKPD/Camat.

Pertemuan ini berlangsung dialogis. Aulia mendengar dan menanggapi pemaparan dari para pendidik penulis ini juga memberi waktu kepada pimpinan OPD terkait untuk berbicara. Di akhir pertemuan dilakukan saling memberi cenderamata antara Ketua PPPSU dengan Wakil Wali Kota Medan. (Sr)

Komentar