oleh

Pemko Medan Gelar Rukyatul Hilal

klikmedan.id-Pemko Medan bekerja sama dengan UMSU dan Kantor Kemenag Medan menggelar Rukyatul Hilal Penentuan Awal Bulan Suci Ramadan Tahun 1440 H/2019 Pemko Medan, Minggu (5/5) petang, di Laboratorium Ilmu Falak UMSU Jalan Denai.

Pelaksanaan Rukyatul Hilal ini dibuka oleh Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si., M. H. Turut hadir dalam acara ini Rektor UMSU, Dr. Agussani, M.A.P., Kepala Kantor Kemenag Medan, Drs. Himpun, M.A., Ketua MUI Medan , Prof. Dr. M. Hatta, Kepala Stasiun Geofisika Tuntungan, T Rahayu, Kepala OIF UMSU, Dr. Arwin JR Butarbutar, tokoh agama, dan para pengurus organisasi Islam di Medan.

Pada rukyatul hilal tersebut, Kepala Stasiun Geofisika Tuntungan, T Rahayu memaparkan, dari data kondisi dan keberadaan hilal secara hisab ( tinggi, kecerahan, dan posisi pada saat matahari terbenam) pada 5 Mei 2019 di seluruh Indonesia, hilal dapat dilihat.

Disampaikannya pula, tinggi hilal saat matahari terbenam di Medan pada Minggu, 5 Mei 2019 yakni 5°, elongasi 6°, fraksi iluminasi 0,36 persen, dan umur bulan 12 Jam 45 menit. Berdasarkan data ini, lanjutnya, awal Ramadan jatuh pada 5 Mei 2019.

Sebelumnya, dalam sambutannya Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si., M. H., mengatakan, penentuan awal Ramadan dengan menggunakan rukyatul hilal ini merupakan metode yang digunakan oleh nabi dan para sahabatnya. Ada pula metode hisab yang menggunakan rumus matematika yang rumit dan kompleks. Perbedaan metode ini jangan dipertikaikan, melainkan dicari titik temu yang akan berguna bagi persatuan dan kesatuan umat muslim di seluruh dunia.

Wali Kota juga mengajak hadirin berdoa agar insya Allah, awal Ramadan dan awal Idul Fitri tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya akan bisa serempak dilaksanakan.

Pada bagian akhir, Wali Kota Medan atas nama pribadi maupun Pemko Medan, mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan kepada umat muslim di Medan.

“Mari kita bersyukur, karena insya Allah di bulan suci Ramadan ini kita semua masih diberi kesempatan untuk bermuhasabah dan bertaubat atas segala salah dan khilaf selama ini,” ungkap Wali Kota.

Komentar

News Feed