oleh

Plt Wali Kota Medan Lepas Tim Penertiban dan Sosialisasi Penggunaan Masker

klikmedan.id-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution MSi, melepas Tim Penertiban dan Sosialisasi Penggunaan Masker, Sabtu (11/04). Tim ini nantinya akan melakukan tugas penertiban di tempat – tempat yang ada berkumpul warga khususnya di lima Kecamatan yang masuk zona merah Penyebaran Virus Corona atau COVID-19.

Sebelum melepas, Plt Wali Kota Medan memimpin Apel yang digelar Halaman Ex SPBU Petronas, Jalan Ringroad. Dalam apel ini, Plt Wali Kota memberikan arahan kepada seluruh petugas yang melibatkan tiga Pilar, Yakni Kecamatan, Polsek dan Koramil serta BPBD, Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk tetap mengedepankan etika dan kesantunan dalam bertugas.

Selanjutnya dikatakan Plt Wali Kota, Penertiban dan Sosialisasi ini dilakukan berdasarkan hasil rapat koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 bersama Unsur Forkompinda Kota Medan. Hal ini juga dilihat karena tingkat kedisiplinan dan kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker rendah, selain itu masih banyak juga warga melakukan aktifitas berkumpul dan tidak menjaga jarak.

“Guna memutuskan rantai penyebaran virus Corona, Berdasarkan hasil Rapat, maka Pemko Medan meminta kepada seluruh warga untuk menggunakan masker jika berada diluar rumah dan tidak melakukan aktivitas berkumpul serta Menjaga jarak. Selain itu bagi pemilik rumah makan maupun kafe agar menyediakan Hansanitazer dan tidak menyediakan kursi”, jelas Plt Wali Kota Medan

Menurut Plt Wali Kota Medan, Penggunaan Masker saat ini merupakan kewajiban dan kebutuhan bagi warga jika keluar rumah. Tidak hanya masker kesehatan yang dipakai tenaga medis, warga juga dapat menggunakan masker kain. Artinya biar masker medis dipakai untuk tenaga medis, mengingat keberadaan masker tersebut sudah minim.

“Pemko Medan juga melaksanakan gerakan 1 juta Masker kain yang akan dibagikan kepada warga. Tentunya jumlah ini masih kurang dengan jumlah penduduk Medan yang mencapai 3 juta Jiwa. Untuk itu, Kami menghimbau bagi masyarakat yang memiliki kemampuan untuk membeli masker agar dapat membelinya”, ujar Plt Wali Kota Medan.

Dijelaskan Plt Wali Kota Medan, Masker kain yang dibagikan merupakan hasil UMKM kota Medan. Tentunya jumlah masker akan terus ditambah, tetapi tidak siap dalam waktu dekat. karena selain Kota Medan, pelaku UMKM juga membuat masker untuk Kota lainnnya.

“Jika tidak ada masker masyarakat dapat menggunakan sapu tangan sebagai gantinya. Mari kita bersama-sama memutuskan rantai penyebaran virus Corona ini”, ungkap Plt Wali Kota Medan.

Selanjutnya, Setelah memimpin Apel, Plt Wali Kota Medan didampingi Asisten Umum Setdako Medan Renward Parapat, Kadishub Iswar Lubis, Kepala BPBD Arjuna Sembiring, Kabag Tapem Ridho Nasution dan Kabag Humas Arrahman Pane bergerak menuju Pasar Melati di Jalan Bunga Sakura Medan, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan.

Saat tiba di Pasar Melati, Plt Wali Kota Medan melakukan sosialisasi kepada warga untuk menggunakan masker. Selain itu Plt Wali Kota juga memberikan dan mengenakan masker kepada warga yang melintas.

Komentar

News Feed