oleh

Soal Sekda Definitif, Ini Kata Gubsu

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi hingga saat ini masih menunggu putusan pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri tentang nama calon yang diputuskan menjabat Sekdaprovsu definitif. 

klikmedan.id || Medan.                          Nama Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu) definitif pengganti Dr Hj Sabrina yang telah pensiun lebih setahun lalu hingga kini belum keluar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hingga Rabu (11/5) kemarin jabatan karier tertinggi dan satu-satunya eselon 1 di jajaran pemerintah propinsi Sumut ini masih dipegang Sekretaris DPRD Sumut H Afifi Lubis selaku Penjabat (Pj) Sekdaprovsu.

Belum diketahui jelas kenapa usul tiga nama calon yang telah dikirim Gubsu Edy Rahmayadi sejak awal Februari 2022 lalu kepada pemerintah pusat belum juga ada keputusan final dari Kemendagri.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga mengaku hingga saat ini masih menunggu pemerintah pusat (Kemendagri – red) tentang siapa nama yang diputuskan menjabat Sekdaprovsu definitif.

“Ya kita masih menunggu. Belum keluar namanya dari tiga nama yang sudah kita usulkan,” jelas Gubsu, Senin (9/5) di lobby utama Kantor Gubsu di Medan.

Gubsu tidak mau merinci kemungkinan penyebab belum keluarnya keputusan pusat itu apakah karena ada “tarik menarik” dan lainnya. Beliau hanya mengatakan, “Kita tunggu saja lah”.

Tentang tiga nama yang diusulkan sejak lebih 3 bulan lalu itu Gubsu juga belum mengungkap secara terbuka. Hanya saja sudah semacam “rahasia umum”, infonya adalah Dr Hasmirizal Lubis (Assisten Admum dan Plt Kepala Bappeda Provsu), Agus Tripriyono (Staf Ahli Gubsu bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset dan SDA) dan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprovsu).

Sebagaimana diletahui Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi telah mengirim tiga nama calon Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada awal Februari 2022 lalu.

Pj Sekdaprov Sumut, Afifi Lubis mengatakan sebelum ini tiga calon nama yang dikirim akan dipilih oleh Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin. “Iya itu sudah kita kirim tiga nama calon ke Kemendagri. Merekalah yang kemudian mengirimkan tiga nama itu ke istana oleh tim penilai akhir yang diketuai pak Wapres,” kata Afifi saat dikonfirmasi, Rabu (9/2) lalu.

Dijelaskannya, tiga calon nama yang telah dikirim itu sebelumnya telah ditetapkan Tim Seleksi (Timsel) Pengisian Jabatan Sekdaprov Sumut melalui rangkaian hasil seleksi. Selanjutnya, tiga nama calon itu diusulkan kepada Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi selaku Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah. Lalu, Gubernur Sumut mengirimkan tiga nama calon itu ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Setelah diverifikasi KASN, tiga nama calon itu pun diterima gubernur, kemudian dikirimkan ke Kemendagri. Nantinya, TPA yang memilih satu dari tiga nama itu untuk ditetapkan Presiden RI Joko Widodo menjadi Sekdaprov Sumut.(Wasgo)

Komentar